Senin, 17 Januari 2011

KARAKTERISTIK KANKER SERVIKS DI RUANG KEBIDANAN RSUD

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Salah satu masalah yang sering terjadi pada wanita baik di negara Eropa maupun negara – negara berkembang seperti Indonesia adalah peningkatan penyakit kanker serviks. Frekwensi relatif di Indonesia adalah 27% berdasarkan data patologik. Secara keseluruhan mempunyai urutan ke – 5 berdasarkan data Pusat Patologi Indonesia dari 13.644 kasus mempunyai frekwensi tertinggi yaitu 27% atau 36% dari 10.233 kasus pada wanita. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya kanker serviks di antaranya adalah kawin di usia muda, pendidikan, pekerjaan dan tingginya sering melahirkan. (FKUI Jakarta, 2000).
Pembangunan kesehatan pada hakekatnya merupakan penyelenggaraan upaya kesehatan untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk untuk dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, yaitu sempurnanya kesehatan fisik dan mental. Pembangunan kesehatan itu merupakan salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan pembangunan nasional yang harus dicapai oleh Bangsa Indonesia seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Upaya pembangunan bidang kesehatan tidak hanya terfokus pada upaya peyembuhan saja, tetapi upaya tersebut secara berangsur – angsur berkembang ke arah promotif, preventif dan rehabilitatif. (Depkes, 1999)
Problem kesehatan saat ini merupakan suatu masalah yang kompleks. Oleh sebab itu perlu adanya suatu tatanan yang mantap baik dari segi pelayanan maupun metode dan strategi yang dilakukan. Salah satu upaya pembangunan bidang kesehatan tersebut diwujudkan dalam usaha untuk meningkatkan derajat kesehatan para ibu karena banyaknya kasus – kasus penyakit yang terjadi pada wanita, terutama mengenai masalah yang menyangkut organ – organ reproduksi. Hal inilah yang banyak dijumpai, tentunya kita sepakat bahwa kedalam kelalaian dalam menghadapi hal tersebut akan mengakibatkan menurunnya keadaan kesehatan ibu, bahkan keadaanya akan semakin memburuk dilihat dari segi morbiditas dan mortalitasnya. (Profil Propinsi Lampung, 2001).
Deteksi dini kanker serviks, karena penyakit kanker merupakan salah satu penyakit masa depan disamping penyakit degeneratif lain seperti kardiovaskuler, dan sudah dapat dipastikan bahwa deteksi dan diagnosa dini serta penanganan terapi yang adekuat akan menghasilkan prognosa yang baik, dan dengan cara itu penyakit kanker tidak perlu ditakuti serta dengan perkembangan ilmu pengetahuan kedokteran yang pada gilirannya akan dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di Rumah Sakit, Puskesmas dan praktek pribadi. (FKUI Jakarta, 2000).
Dalam prasurvey bulan April 2004 di Rumah Sakit Umum Daerah ............... terdapat 44 responden dengan kanker serviks yang sudah berada pada stadium lanjut ketika datang ke rumah sakit. Atas dasar tersebut penulis ingin meneliti bagaimanakah karakteristis kanker serviks.

B. Rumusan Masalah
Dari uraian data – data yang terdapat pada latar belakang di atas, maka diperoleh rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : “bagaimanakah karakteristik kanker serviks di RSUD ............... ?”
C. Ruang Lingkup Penelitian
Adapun ruang lingkup dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Sifat penelitian adalah : deskriptif
2. Subyek penelitian adalah : karakteristik penderita kanker serviks.
3. Obyek penelitian adalah : ibu-ibu dengan kanker serviks
4. Tempat penelitian ` : di Ruang Kebidanan RSUD .........
5. Waktu penelitian : tanggal 22 Mei 2004 sampai dengan 21 Juni 2004

D. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik ibu dengan kanker serviks di RSUD ............... tahun 2003.

2. Tujuan Khusus
Dengan memperhatikan masalah dan permasalahan yang dikemukakan diatas maka tujuan khusus dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Diketahuinya umur sebagai karakteristik kanker serviks.
b. Diketahuinya tingkat pendidikan sebagai karakteristik kanker serviks.
c. Diketahuinya jenis pekerjaan sebagai karakteristik kanker serviks.
d. Diketahuinya jumlah anak sebagai karakteristik kanker serviks.


E. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi :
1. Bagi RSU...........
Agar lebih meningkatkan kinerja dalam mengupayakan penyuluhan tentang bagaimana deteksi dini kanker serviks, bagi ibu – ibu yang sudah menikah dan berumur di atas 30 tahun, sebaiknya memeriksakan diri dengan pap smear untuk mengetahui gejala kangker serviks.

2. Peneliti
Untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam penelitian serta menerapkan ilmu yang telah didapat selama studi khususnya metodologi penelitian dalam rangka menganalisa masalah kebidanan khususnya penderita kanker serviks.

3. Instansi Pendidikan
Sebagai sumber bahan bacaan diperpustakaan dan referensi awal penelitian selanjutnya bagi perpustakaan di instansi pendidikan.

4. Bagi Masyarakat
Agar masyarakat terutama bagi calon ibu yang berusia kurang dari 20 tahun sebaiknya menunda perkawinan dan bagi ibu – ibu yang sudah menikah setialah pada pasangannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls